HUMAN COMPUTER INTERACTION (HCI) DALAM LINGKUP PENDIDIKAN
DOI:
https://doi.org/10.51135/jts.v4i01.119Keywords:
human computer interaction, pendidikanAbstract
Pemafaatan teknlogi informasi dan komunikasi (TIK) dalam bidang pendidikan merupakan bagian dari Human Computer Interaction (HCI). Pemanfaatan teknlogi informasi dan komunikasi dalam pendidikan meliputi banyak aspek. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan berbagai potensi pemanfaatan teknologi informatika pada ruang lingkup pendidikan sebagai bentuk dari Human Computer Interaction (HCI).
Metode penelitian yang digunakan yaitu studi literatur. Pendataan untuk studi literatur dilakukan dengan menggunakan alat pencarian database Garba Rujukan Digital (GARUDA).
Hasil studi literatur yang telah dilakukan memperoleh hasil; Teknologi informatika dalam lingkup pendidikan memiliki peranan yang sangat penting guna mendukung kemajuan pendidikan di Indonesia; Potensi yang dapat dikembangkan dengan memanfaatkan teknologi informatika dalam lingkup pendidikan sebagai bagian dari Human Computer Interactif (HCI) meliputi website, sistem administrasi, dan media pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan instansi pendidikan.
Downloads
References
B. Wicaksono, Y. R. Kusumaningsih, and C. Iswahyudi, “Pengujian Celah Keamanan Aplikasi Berbasis Web Menggunakan Teknik Penetration Testing Dan Dast (Dynamic Application Security Testing),” Jarkom, vol. 8, no. 1, pp. 1–9, 2020.
Pratama Adi N., “Pengujian Penggunaan Laman Universitas Padjadjaran dengan Menggunakan SUPR-Q Usability Testing Website Universitas Padjadjaran Using SUPR-Q,” 2017.
H. J. Christanto, S. A. Sutresno, and V. S. Suwandi, “Analisis Kegunaan Universitas Katolik Atma Jaya E-Learning Berbasis Interaksi Manusia Komputer,” J. Sist. Inf. dan Inform., vol. 5, no. 3, pp. 833–847, 2023.
T. A. Nusantara, H. Syam, and Y. Tjandi, “Analisis HCI (human computer interaction) pada Sistem Informasi Akademik Universitas Negeri Makasar untuk Pengukuran user experience,” J. Technol. Vocat., vol. 7, no. 1, pp. 67–82, 2023.
N. A. Anggun, H. Nur, and H. Jaya, “Pengembangan Sistem Informasi Administrasi Sekolah menggunakan Model Human Computer Interaction (HCI) di SMKN 2 makassar,” J. Technol. Vocat., vol. 7, no. 1, pp. 1–13, 2023.
E. Prasetyo, K. Nugroho, and K. Hadiono, “Analisis Pengujian user experience Website STMIK AKI menggunakan SUPR-Q dalam perspektif Human-Computer Interaction,” SOSCIED, vol. 6, no. 1, 2023.
Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara, 2009.
A. Asmuni, “Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya,” J. Paedagogy, vol. 7, no. 4, p. 281, 2020, doi: 10.33394/jp.v7i4.2941.
D. W. L. Pamungkas and S. Rochimah, “Pengujian Aplikasi Web - Tinjauan Pustaka Sistematis,” J. IPTEK, vol. 23, no. 1, 2019.
M. Sukarno, “Dinamika Perkembangan E-learning dan Tantangannya Dalam Media Pembelajaran,” Kontinu J. Penelit. Didakt. Mat., vol. 4, no. 2, pp. 110–124, 2020.
Mulyono, Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2008.
E. Oktavianingtyas, F. S. Salama, A. Fatahillah, L. A. Monalisa, and T. B. Setiawan, “Development 3D Animated Story as Interactive Learning Media with Lectora Inspire and Plotagon on Direct and Inverse Proportion Subject,” 2018, doi: 10.1088/1742-6596/1108/1/012111.
A. Budi Setiawan, “English grammar on 2013 curriculum: The development of game based learning multimedia,” vol. 205. EDP Sciences, 2018, doi: 10.1051/matecconf/201820500011.
S. A. Pramuditya, M. S. Noto, and D. Syaefullah, “The educational game design on relation and functionmaterials,” vol. 1013, no. 1. Institute of Physics Publishing, 2018, doi: 10.1088/1742-6596/1013/1/012138.
A. Haryanto and A. Billlah, “Establishing an android-based integrated sciences glossary for junior high school students,” in Journal of Physics: Conference Series, 2020, pp. 1–7.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sukiswo, Akhmad Haryanto, Ire Puspa Wardani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.