Rancang Bangun Dan Sosialisasi Sistem Instrumen Akreditasi Program Studi Pada Dosen Teknik dan Alumni Teknik Informatika Unkhair di Kota Ternate
Keywords:
sistem penjaminan mutu, unit penjaminan mutu, rancang bangun, sosialisasi, 9 kriteriaAbstract
Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di perguruan tinggi adalah kegiatan sistemik penjaminan mutu internal pendidikan tinggi oleh setiap perguruan tinggi secara otonom untuk mengendalikan dan meningkatkan penyelenggaraan pendidikan tinggi secara berencana dan berkelanjutan. Universitas Khairun (Unkhair) merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di bawah Kementerian Pendidikan Tinggi dan Kebudayaan (Kemendikbud Dikti) yang berada di wilayah provinsi Maluku Utara berkedudukan di Kota Ternate. Fakultas Teknik Universitas Khairun sebagai bentuk komitmen untuk menyelenggarakan kegiatan Tri Dharma perguruan tinggi yakni pengajaran, penelitian dan pengabdian yang berkualitas sesuai dengan standar mutu yang telah ditetapkan oleh kebijakan nasional maupun kebijakan lokal Perguruan Tinggi. Fakultas Teknik Unkhair dalam menjamin proses mutu pelaksanaan Tri Dharma maka dibentuk Unit Penjaminan Mutu (UPM) dilevel Fakultas sebagai unit yang memiliki tugas memastikan proses pelaksanaan mutu tri dharma berjalan sesuai standar yang telah ditetapkan. UPM sebagai sebagai unit penjaminan mutu wajib melaksanakan program-program yang memastikan pelaksanaan tri dharma sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Salah satu program UPM adalah mensosialisasikan sistem instrumen akreditasi di lingkungan akademiknya yakni Dosen, Karyawan serta Alumni Perguruan Tinggi sebagai salah satu output yang berada di kriteria 9 pada instrumen akreditasi program sudi.
References
Creswell, J. W. (2013). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE. https://books.google.co.za/books?hl=en&lr=lang_en&id=EbogAQAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=quantitative+creswell&ots=cahMpXRAF8&sig=jN66MOd3r5nCuoPAbLJry9QwdQQ#v=onepage&q=quantitative creswell&f=false
Eldridge, R. (1989). Introduction to systems analysis and design. In Information and Software Technology (Vol. 31, Issue 1). https://doi.org/10.1016/0950-5849(89)90057-8
SK Kemendikbud No.186/M/2021, Pub. L. No. 186/M/2021 (2021).
Pendidikan, M., Kebudayaan, D. A. N., & Indonesia, R. (2013). Menteri pendidikan dan kebudayaan republik indonesia. 2013–2015.
Menteri pendidikan dan kebudayaan republik indonesia, 2013 (2013).
Prihandoko. (2022). Memahami Instrumen Akreditasi LAM INFOKOM.
Seidl, M. (2015). UML@Classroom: An introduction to object-oriented modeling. In CEUR Workshop Proceedings (Vol. 1555).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Assaf Arief, Suyuti Suyuti, Achmad Fuad

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.