Penyuluhan Pemasaran Hasil Produk Lokal Yang Berbasis Online Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelurahan Ngade

Authors

  • Zulaiha Husen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Khairun
  • Abdul Rahman Jannang Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Khairun
  • Marwa Marwa Institut Agama Islam Negeri Ternate

Abstract

Usaha kecil menengah (UKM) mempunyai peran penting dan strategis bagi pertumbuhan ekonomi suatu negara, baik itu negara yang sedang berkembang maupun negara yang sudah maju. Usaha pengolahan produk lokal diyakini sebagai salah satu bentuk usaha yang memiliki prospek yang cukup bagus, bahkan dalam kondisi krisis sekalipun. Namun demikian dalam periode yang sama banyak usaha produk lokal tersebut yang gulung tikar, karena tidak mampu mempertahankan jumlah pengunjungnya. Sukses dibidang pengolahan produk lokal tidak hanya ditentukan oleh jumlah pengunjungnya, tetapi juga ditentukan oleh kemampuan meningkatkan pertumbuhan pelanggannya. Usaha pengolahan produk lokal tersebut merupakan salah satu sektor yang nantinya diharapkan mampu mendukung perkembangan pembangunan daerah dengan cara pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, dan memperluas lapangan pekerjaan. Pemasaran online yang menggunakan network untuk meraih pelanggan, berupa Facebook, WhatsApp, Instagram, Twitter, Line, FB Messenger, Linkedln, Pinterest, dan Wechat. Hasil PKM ini dipublikasi pada Koran Malut Post online.

References

Bulan, Tengku PL, 2017, Pengaruh Diversifikasi Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Juragan Jasmine Langsa, Jurnal Manajemen Dan Keuangan, Vol 6, No. 1, Mei 2017/ISSN 2252-844X

Elfan Kaukab, 2021. Pemasaran Produk Berbasis Teknologi Informasi Sederhana. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Wonosobo

Hardilawati, W. laura. 2020. Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 10(1), 89–98. https://doi.org/10.37859/jae.v10i1.193

https://www.jurnal.id/id/blog/pengertian-jenis-dan-perkembangan-umkm-di-indonesia/

Kotler, Philip. 2004. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, implementasi dan Kontrol. Jakarta: Prenhallindo.

Maskarto, 2021. Penerapan Strategi Bisnis di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika Vol 4 No 1

Nugrahani, R., 2015. Peran desain grafis pada label dan kemasan produk makanan umkm. Jurnal Imajinasi, IX(2), 127–136. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.ph p/imajinasi/article/view/8846

Rewah, J.M. 2018. Pengaruh Promosi Berbasis Teknologi terhadap Pengusaha Muda Universitas Klabat. Cogito Smart Journal. 4(1):24-36. Doi: 10.31154/cogito.v4i1.99.24-36.

Suryana. 2006. Kewirausahaan, Pedoman Praktis, Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat.

Tjiptono, Fandy. 2004. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

____________ . 2007. Pemasaran Jasa. Malang: Bayu Media.

Wahyudi, Agustinus. 2006. Strategi Diversifikasi Produk. Bandung: Mandar Maju.

Wibowo, D.H., Arifin, Z. & Sunarti. 2015. Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis. 29(1):59-66

Downloads

Published

30-09-2022

How to Cite

Husen, Z., Jannang, A. R., & Marwa, M. (2022). Penyuluhan Pemasaran Hasil Produk Lokal Yang Berbasis Online Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelurahan Ngade. Jurnal Pedimas Pasifik, 1(01), 43–49. Retrieved from http://jurnalteknik.univpasifik.ac.id/index.php/JPPAS/article/view/42

Issue

Section

Articles